'/> Definisi Sikap Kesehatan

Info Populer 2022

Definisi Sikap Kesehatan

Definisi Sikap Kesehatan
Definisi Sikap Kesehatan
Pengertian Perilaku Kesehatan (Notoatmodjo, 2005) yakni respons seseorang terhadap stimulus atau objek yang berkaitan dengan sehat-sakit, penyakit, dan faktor-faktor yang menghipnotis kesehatan, contohnya lingkungan, makanan, minuman dan pelayanan kesehatan.
 yakni respons seseorang terhadap stimulus atau objek yang berkaitan dengan sehat Definisi Perilaku Kesehatan
Atau dengan kata lain, sikap kesehatan yakni tiruana acara seseorang, baik yang sanggup diamati (observable) maupun yang tidak sanggup diamati (unobservable).
Perilaku Kesehatan dikelompokkan menjadi 2 yaitu :
1. Perilaku orang yang sehat semoga tetap sehat dan meningkat
Perilaku ini disebut sikap sehat, yang meliputi perilaku-perilaku (overt dan covert behavior) dalam mencegah atau menghindar dari penyakit dan penyebab penyakit.
Contoh :
Makan dengan gizi yang seimbang, olahraga teratur, tidak merokok, tidak minum minuman keras, menghindari gigitan nyamuk, menyikat gigi sebelum tidur dan sehabis makan, mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, dll.
2. Perilaku orang yang sakit 
Perilaku ini disebut health seeking behavior. Perilaku ini meliputi tindakan-tindakan yang diambil seseorang knorma dan adab sakit untuk memperoleh kesembuhan.
Contoh :
Berobat ke rumah sakit, klinik dll.
Perilaku Kesehatan yang dilakukan oleh seseorang terkait dengan pengetahuan, semakin baik pengetahuan seseorang maka akan baik pula sikap kesehatannya.
Perilaku Kesehatan antara individu satu dengan yang lainnya juga berbeda-beda alasannya dipengaruhi oleh banyak faktor, contohnya faktor ekonomi, faktor lingkungan, faktor sarana, dan pengetahuan itu sendiri.
Di kurun modern menyerupai kini ini dimana tuntutan acara yang sangat banyak, seharusnya kita tiruana menyadari akan pentingnya kesehatan, sehingga akan tercipta sikap kesehatan yang baik dan optimal, dengan demikian maka kondisi kesehatan kita akan ludang kecepeh baik.
Advertisement

Iklan Sidebar