'/> Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Info Populer 2022

Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit
Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit
Dalam tajuk Suara Merdeka "Persalinan Alami Tanpa Rasa Sakit" dengan pemateri Bidan Cahyaning Puji Astuti (Pemilik Rumah Bersalin Ngesti Widodo) menjelaskan :
Sebagian besar ibu yang akan melahirkan mengalami ketakutan terhadap munculnya rasa nyeri dikala kontraksi selama proses persalinan. Padahal rasa sakit bukan bab dari proses persalinan.
 dengan pemateri Bidan Cahyaning Puji Astuti  Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit
Persalinan adalah proses alami tertua dan sangat transformasional. Seperti halnya dengan proses beabe, proses kelahiran seorang bayi seharusnya berjalan alami tanpa intervensi medis menyerupai induksi, vakum, episiotomi, hingga opeasi sesar.
Namun di kurun tahun 2000an fatwa proses kelahiran dan persalinan ialah proses alami yang biasa terjadi di rumah dengan pinjaman dukun bayi atau bidan mulai bergeser. Banyak sekali tragedi dalam proses persalinan, dimana seakan-akan seorang perempuan kehilangan kemampuan untuk melahirkan secara normal alami, "kata Tim Hypnobirthing Indonesia, bidan Yesie Aprillia.
Pengetahuan perihal melahirkan, bahu-membahu sudah ada dalam diri setiap wanita, sehingga tidak perlu lagi diajari bagaimana cara melahirkan. Wanita hanya perlu ludang kecepeh percaya dan yakin terhadap kodrat jasmani mereka.
Salah satu upaya untuk mendapat proses persalinan lembut dan minim stress berat bagi ibu dan bayi ialah melalui gentle birth. Pengertian gentle birth adalah proses persalinan yang menuntut untuk kembali ke alam, memercayai kekuatan badan yang didesain untuk melahirkan keturunan.
Proses persalinan itu rasanya nikmat dan nyaman. Namun hingga sekarang, justru mengatasi rasa sakit dianggap paling penting dibandingkan daerah melahirkan atau siapa yang mendampingi. Rasa sakit muncul alasannya ialah banyak rasa takut, yang dipengaruhi faktor sosial, budaya, dan persepsi.
Rasa nyeri diharapkan badan untuk mengkomunikasikan ada sesuatu yang terjadi dalam tubuh. Nyeri yang ada dalam persalinan ialah salah satu bentuk komunikasi bahwa bayi akan lahir.
Kunci melahirkan normal ialah doa, sabar, mengatur napas, dan rileks. Karena itu ibu dan ayah harus memahami dulu menyerupai apa proses kehamilan dan persalinan.
Advertisement

Iklan Sidebar