'/> Pendekatan Sosiologi

Info Populer 2022

Pendekatan Sosiologi

Pendekatan Sosiologi
Pendekatan Sosiologi
Pendekatan Sosiologi 
Dilihat dari segi pendekatan sosiologi berdasarkan Drs. Kuswanto ada dua ciri khas, yaitu bersifat komparatif dan bersifat holistik.
 Dilihat dari segi pendekatan sosiologi berdasarkan Drs Pendekatan Sosiologi
a. Pendekatan Komparatif 
Pendekatan komparatif, ialah pendekatan yang melihat insan dengan pandangan yang luas, tidak hanya masyarakat yang terisolasi atau hanya dalam tradisi sosial tertentu saja. 
Ciri-ciri pendekatan komparatif, antara lain: 
1) berusaha mengenali persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan hingga kepada generalisasi. 2) berusaha memdiberikan uraian keterangan ilmiah yang sanggup diterima.
3) membanding-bandingkan antarmasyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain, termasuk tradisi satu dengan tradisi yang lain dalam seluruh ruang dan waktu.
4) memdiberikan uraian wacana variasi bentuk-bentuk sosial dan mencatat asal-usul serta perkembangan insan dengan adat-istiadatnya, meliputi dimensi waktu. 
b. Pendekatan Holistik 
Pendekatan holistik, ialah suatu pendekatan berdasarkan pendapat bahwa masyarakat itu sanggup diselidiki sebagai keseluruhan, sebagai unit-unit yang bersifat fungsional, atau sebagai sistem-sistem tertentu. Sosiologi mencoba meliputi keseluruhan ruang lingkup dari segala sesuatu yang berafiliasi dengan kemanusiaan hingga kepada generalisasi-generalisasi. 
Secara khusus pendekatan holistik dalam sosiologi memiliki dua aspek primer sebagai diberikut : 
1) Mencoba meninjau kebudayaan insan sebagai jaringan tunggal yang saling berkaitan, sebagai kesatuan yang teratur, dan sebagai keseluruhan yang berfungsi. Di dalamnya tiruana bab saling berafiliasi sebagai komponen suatu sistem. Suatu kejadian yang terjadi pada komponen yang satu akan kuat pada struktur dan kerja secara keseluruhan. 
2) Mempelajari ciri-ciri biologis dan ciri-ciri sosial budaya dari spesies-spesies. Evolusi fisik insan dan evolusi budaya tidak dipandang tanpa berkait-kaitan untuk mendapat pemahaman yang tepat.

Sumber Tulisan : 
Ruswanto, 2009, Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X, Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Advertisement

Iklan Sidebar