'/> Pengertian Proses Sosialisasi Berdasarkan Para Ahli

Info Populer 2022

Pengertian Proses Sosialisasi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Proses Sosialisasi Berdasarkan Para Ahli
Pengertian Proses Sosialisasi Berdasarkan Para Ahli
Definisi Proses Sosialisasi
Manusia sebagai makhluk sosial sangat tidak ringan dan sepele sanggup hidup tanpa orang lain dan seseorang sebagai makhluk sosial besar kemungkinan hanya sanggup berkembang dalam kebersamaan dengan orang lain. Kehidupan bersama antar makhluk sosial sanggup terwujud dengan baik melalui proses memperkenalkan.
 Manusia sebagai makhluk sosial sangat tidak ringan dan sepele sanggup hidup tanpa orang lain dan seseorang se Pengertian Proses Sosialisasi Menurut Para Ahli
Proses Sosialisasi secara terpisah terdiri dari dua suku kata yaitu proses dan memperkenalkan. Pengertian proses ialah tahapan-tahapan dalam suatu insiden dalam pembentukan, sedangkan pengertian memperkenalkan adalah suatu proses pembentukan sikap atau sikap anak sesuai dengan sikap atau norma-norma dalam kelompok atau keluarga. Dengan demikian pengertian proses memperkenalkan adalah suatu tahapan-tahapan dalam pembentukan sikap atau sikap seorang anak sesuai dengan sikap atau norma-norma dalam kelompok atau keluarga.
Berikut ini definisi proses memperkenalkan berdasarkan para sangat menguasai :
1. Menurut Krathwohl (1981) 
Proses Sosialisasi ialah proses yang mengusahakan seseorang menjadi peka terhadap fenomena di masyarakat dan beradaptasi serta berperilaku menyerupai orang lain dalam masyarakat kelompoknya atau kebudayaannya.

2. Menurut Laurence (1988)
Proses Sosialisasi ialah proses pendidikan atau latihan seseorang yang belum berpengalaman dalam suatu kebudayaan berguru dan berusaha menguasai kebudayaan sebagai aspek perilakunya.
3. Menurut Guire (1974)
Proses Sosialisasi ialah proses penyajian kemungkinan-kemungkinan sikap seseorang dengan terhukum konkret atau negatif yang akan menjadikan penerimaan atau penolakan oleh orang lain.
4. Menurut Robert M.Z (1985)
Proses Sosialisasi ialah proses mempelajari norma, penilaian, peran, dan tiruana persyaratan lainnya yang diharapkan untuk memungkinkan berpartisipasi yang dampak dan imbastif dalam kehidupan sosial.

Sumber Tulisan :
Tim Abdi Guru, 2014, Geografi, untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII, Penerbit Erlangga, Jakarta
Advertisement

Iklan Sidebar