'/> Pengertian Tugas Dan Status Sosial

Info Populer 2022

Pengertian Tugas Dan Status Sosial

Pengertian Tugas Dan Status Sosial
Pengertian Tugas Dan Status Sosial
Definisi Peran Menurut Robbins (1996) yaitu seperangkat contoh sikap atau tindakan yang dibutuhkan berkaitan pada seseorang yang menduduki suatu posisi tertentu dalam suatu satuan sosial.
 yaitu seperangkat contoh sikap atau tindakan yang dibutuhkan berkaitan pada seseorang y Pengertian Peran dan Status Sosial
Sumber Gambar : media.gotraffic.net
Pengertian Peran Menurut Robert (1985) yaitu contoh perilakuyang dibutuhkan dari seseorang yang mempunyai status atau posisi tertentu dalam organisasi, keluarga, komunitas, sekolah dll.
Definisi Status Sosial adalah posisi atau peringkat yang didefinisikan secara sosial yang didiberikan kepada kelompok atau anggota kelompok oleh orang-orang lain. 
Status sosial sanggup dibedakan menjadi 2 sifat yakni status adil dan status subjektif. status yang bersifat adil yaitu suatu tatanan (order) hak dan kewajiban secara hierarki dalam struktur formal suatu organisasi. Status yang bersifat subjektif yaitu status yang dimiliki oleh seseorang itu merupakan hasil dari peskoran orang lain terhadap dirinya.
Kriteria yang memilih tinggi rendahnya status sosial seseorang berdasarkan Talcott Parsons (1902-1979) yaitu sebagai diberikut :
1. Kelahiran
Status seseorang sanggup tinggi atau rendah atau menpeduli suatu posisi tertentu dalam suatu organisasi hanya alasannya yaitu ia lahir dari suatu keluarga tertentu. Contohnya keturunan raja dipandang mempunyai status sosial tinggi di masyarakat.

2. Mutu Pribadi
Seseorang sanggup mempunyai status sosial tinggi kalau mempunyai kudang keringjakan, berkepribadian, usia yang sudah lanjut, mempunyai kepandaian, berkelakuan baik dimasyarakat.
3. Prestasi
Orang yang mempunyai kepandaian atau kecerdasan yang lalu menpeduli posisi tinggi atau mempunyai pangkat tinggi maka status sosial dipandang tinggi.
4. Pemilikan
Pemilikan yaitu peskoran status seseorang yang didasarkan pada skor perspektif pertukaran sesuatu kepemilikan. Contohnya peskoran kita terhadap status seseorang yaitu tinggi dengan maksud semoga kita akan menerima suatu yang kita inginkan.
5. Otoritas
Otoritas yaitu kekuasaan yang sah atau kekuasaan yang di absahkan dan kerena sahnya, maka orang lain harus mengikutinya tanpa perlawanan.

Sumber Tulisan :
Tim Abdi Guru, 2004, Geografi, untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VII, Penerbit Erlangga Surabaya 
Advertisement

Iklan Sidebar