Setelah mengirim surat lamaran pekerjaan dan lalu dipanggil untuk mengikuti tes wawancara, berarti perusahaan telah menganggap bahwa pelamar yakni calon karyawan potensial. Karena itu, kita harus memanfaatkan kesempatan wawancara ini dengan sebaik-baiknya.
Berikut ini tips dan cara biar sukses wawancara kerja (Suara Merdeka) :
1. Berikan kesan pertama yang kasatmata biar pewawancara yakin orang yang diwawancarainya cocok ditempatkan di perusahaan atau instansi tersebut.
Ilustrasi Gambar : www.theglobeandmail.com |
2. Usahakan tiba di daerah wawancara 15 menit sebelum wawancara dimulai dan usahakan biar kedatangan ludang keringh awal itu diketahui oleh pewawancara. Hindari kesan bila anda tiba terlambat.
3. Pakai pakaian yang sopan, rapi, tidak berludang keringhan. Dengan begitu anda akan kelihatan menarik.
4. Setelah tiruana itu dipersiapkan dengan baik, pikirkan beberapa pertanyaan yang mungkin dilontarkan, contohnya pengalaman kerja, cara karyawan menghadapi situasi yang susah, honor yang diinginkan. Jika ditanya seputar pengalaman kerja, ceritakan prestasi-prestasi anda dengan jujur, sewajarnya dan tidak meludang keringh-ludang keringhkan. Jangan sekali-kali anda menawarkan diri paling akil dan paling hebat. Masalah pertanyaan honor yang diinginkan, sebaiknya anda tau ihwal besaran honor yang diterima karyawan pada perusahaan atau instansi tersebut, sehingga anda sanggup memilih kira-kira honor berapa yang sesuai dengan pengalaman, pendidikan dan posisi kita.
Setelah tiruananya simpulan jangan lupa berdoa ya biar ditrerima kerja, demikianlah tips singkat biar sukses wawancara kerja.
Advertisement