'/> Definisi Nilai Sosial

Info Populer 2022

Definisi Nilai Sosial

Definisi Nilai Sosial
Definisi Nilai Sosial
Pengertian Nilai Sosial
Nilai merupakan sesuatu yang baik, yang diinginkan, dicita-citakan, dan dianggap penting oleh warga masyarakat. 
 dan dianggap penting oleh warga masyarakat Definisi Nilai Sosial
Berikut ini yakni pengertian evaluasi sosial berdasarkan para sangat menguasai :
a. Menurut Young 
Nilai sosial yakni sebagai asumsi-asumsi yang abnormal dan sering tidak disadari ihwal apa yang benar dan apa yang penting. 
b. Menurut Green
Nilai sosial itu sebagai kesadaran yang secara relatif berlangsung disertai emosi terhadap objek, ide, dan orang perorangan. 
c. Menurut Woods
Nilai sosial merupakan petunjuk-petunjuk umum dan telah berlangsung usang yang mengarah pada tingkah laris dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari. 

Berdasarkan pendapat tersebut, sanggup dirumuskan bahwa evaluasi sosial yakni petunjuk secara sosial terhadap objek-objek, baik bersifat material maupun nonmaterial. Dengan susunan ini evaluasi harga diri masing-masing yang diukur dan ditempatkan dalam suatu struktur berdasarkan ranking yang ada dalam masyarakat tertentu sifatnya abstrak. Apabila perilaku dan perasaan ihwal evaluasi sosial diikat bersama dalam suatu sistem, disebut sebagai sistem evaluasi sosial. 
Wujud evaluasi dalam kehidupan itu merupakan sesuatu yang berharga alasannya sanggup membedakan yang benar dan yang salah, yang indah dan yang tidak indah, dan yang baik dan yang buruk. Wujud evaluasi dalam masyarakat berupa penghargaan, hukuman, pujian, dan sebagainya. Sumber dari evaluasi tersebut yakni hal-hal yang bekerjasama dalam masyarakat. 
Pada prinsipnya evaluasi dari seseorang sanggup dipelajari semenjak masa kanak-kanak melalui proses sosiologi, dan sanggup dipelajari melalui pengalaman hidup sehari-hari. Pengalaman hidup ini ada yang tertanam dalam diri anggota masyarakat, tetapi ada pula yang bersifat sementara. 
Pengalaman ini sering bertukar, jikalau ada pengalaman gres yang sanggup memmemberikankan kepuasan yang ludang kecepeh besar mereka menyusun perkiraan bahwa apa yang benar dan penting itu merupakan sesuatu yang abstrak, dan sering tidak disadari. Pengalaman itu sanggup ditularkan oleh orang seorang atau grup lain dalam masyarakat dengan tingkat intensitas yang beraneka ragam. Penularan ini merupakan faktor penting dalam pembentukan pribadi seseorang di masyarakat. 

Tulisan diatas dari buku : 
Ruswanto, 2009, Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X, Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Advertisement

Iklan Sidebar